Jumat, 27 September 2013

Keren dengan Tas Kerajinan Jogja Etnik


Oleh: AnneAhira.com Content Team

Siapa yang tak membutuhkan tas? Bagi sebagian orang, tas bukan saja kebutuhan namun juga merupakan pelengkap penampilan.

Untuk memenuhi semua keinginan konsumen ini, para produsen tas mengeluarkan berbagai bentuk dan ukuran tas. Warna dan bahan pembuatnya pun bermacam-macam. Kita dapat dengan mudah menemukan tas yang terbuat dari bahan kain, plastik, jeans, parasut, kulit, atau bahan-bahan kombinasinya. Di antara tas-tas buatan pabrik itu ada tas-tas yang tampak unik. Tas-tas ini adalah tas kerajinan tangan.

Aneka Tas Kerajinan Tangan

Tas kerajinan tangan ini tak hanya terbuat dari bahan-bahan yang sudah umum, seperti kain atau kulit. Sebaliknya, banyak tas kerajinan tangan ini terbuat dari bahan yang tak umum digunakan seperti: plastik bekas kemasan, kain perca, daun pandan, eceng gondok, batok kelapa, serat nanas, tali tambang, kaleng, dan sebagainya.

Bentuk tas ini pun beragam. Mulai dari bentuk segi empat yang paling umum dan sederhana, hingga bentuk yang tak lazim. Bentuk tas kerajinan tangan yang tak lazim ini biasanya yang terbuat dari batok kelapa atau kaleng bekas.

Tas yang terbuat dari batok kelapa berbentuk bulat dan berukuran kecil sebagaimana bentuk asli batok kelapa. Tas seperti ini lebih berfungsi sebagai aksesori. Kalaupun bisa diisi benda-benda, tentu terbatas pada benda-benda kecil seperti dompet atau ponsel.

Namun, tas batok kelapa juga bisa berbentuk seperti layaknya tas dari bahan yang lain. Caranya, batok kelapa itu dipotong-potong terlebih dahulu dengan ukuran tertentu, baru disatukan kembali dengan menggunakan kawat atau tali kenur.

Penampilan tas batok kelapa ini tentu tak sepolos batok kelapa asli yang baru dikupas. Tas batok kelapa ini sudah tampil cantik dan eksklusif. Dicat dengan warna natural (gradasi cokelat dan krem) serta dipernis mengkilat dan ditambahi aksesori-aksesori kecil seperti bunga kering, biji-bijian, atau kancing sebagai pemanis.

Tas batok kelapa ini cocok sekali digunakan untuk menunjang penampilan yang bergaya etnik atau natural. Harga tas kerajinan tangan batok kelapa ini pun melambung tinggi dibandingkan batok kelapa yang hanya dijadikan sebagai bahan pembuat arang.

Demikian pula tas kerajinan tangan yang terbuat dari kaleng. Ukuran tas dari bahan kaleng ini lebih beragam karena kaleng-kaleng yang bisa dijadikan bahan baku pun mempunyai aneka bentuk dan ukuran.

Tas kaleng ini terlihat sangat unik dan kuat. Agar tak berisik, bagian dalamnya dilapisi dengan bahan yang lembut. Pembeli dan pengguna tas ini tentu tak ingin terdengar seperti pengamen jalanan dengan alat musik kecrekannya.

Kuatkah Tas Kerajinan Tangan Ini?

Jawabannya, relatif. Tergantung pada:

* Bahan pembuat tas. Tas dari bahan kaleng tentu memiliki kekuatan yang berdea dengan tas yang terbuat dari anyaman daun pandan.

* Cara penggunaan. tas kerajinan tangan ini akan kuat dipakai dalam waktu cukup lama jika dipergunakan sesuai dengan kekuatannya. Tas yang terbuat dari eceng gondok, misalnya, sebaiknya jangan digunakan untuk membawa diktat-diktat tebal nan berat.

* Cara perawatan. Perbedaan bahan pembuat tas kerajinan tangan akan membedakan cara perawatan tas tersebut. Tas yang terbuat dari plastik bekas kemasan lebih tahan basah dan lebih mudah dirawat daripada tas yang terbuat dari serat batang pisang.

Nah, jika ingin terlihat unik dan bergaya, mengapa tidak mencoba menggunakan tas kerajinan tangan ini?


Postingan Terkait:

0 ulasan:

Posting Komentar

Barang bisa dipesan dengan via Email ke :rizkya_ria@yahoo.co.id atau sms/Call ke 085747025084 dengan format : Kode Barang - warna - Jumlah - alamat pengiriman. Happy Shopping..